Monday, March 23, 2020

Covid-19, Tradisi, dan Kebodohan Tingkat Dewa


Sebenernya agak repot ngetik judulnya, because my leptop kibord yang angka sembilannya rusak, jadi nyari on-screen keyboard dlu baru bisa ngetik angka sembilan, ngetik untuk simbol kurung buka juga gabisa jadinya, brekele. Oke, ini pertama kalinya saya diperbudak oleh alat.

Maraknya penyebaran Virus Corona, a.k.a Covid-19, membuat seluruh manusia hampir di seluruh dunia membatasi diri mereka masing-masing, seperti "self distancing", dalam artian tidak melakukan aktifitas/bepergian ke tempat yang ramai, sehingga meminimalisir terjangkitnya virus ini. Agak was-was sih sebenernya, diem dirumah doang bosen, kalo keluar takut kena. Berbagai lapangan pekerjaan pun juga kena imbasnya terutama sektor pariwisata, Bali adalah daerah yang terkenal pariwisatanya. Akibat dari virus ini, pariwisata jadi sepi, karyawan pada cuti tidak dibayar, intinya keuangan juga jadi susah, sampe-sampe kurs rupiah USD nyampe lebih dari 16.000 (per 23 Maret ini), otomatis kalo mau belanja barang elektronik kayak komponen komputer juga nambah mahal, untung udah build PC duluan, tapi tetep sedih aja liat harganya.


Seperti yang aku tulis di atas, "self distancing" dirasa ampuh untuk meminimalisir penjangkitan Covid-19, selain cuti karyawan, berbagai event dalam waktu dekat ini juga ditiadakan/diundur hingga batas waktu yang belum ditentukan, tak terkecuali tradisi. Hari raya Nyepi, diadakan setiap 1 tahun sekali oleh masyarakat Hindu di Bali, yang dimana sehari sebelum Nyepi merupakan hari yang ramai ditunggu masyarakat dari seluruh kalangan untuk menyaksikan pawai Ogoh-Ogoh. Namun untuk Tahun ini, Pemerintah, khususnya Gubernur Bali memutuskan untuk meniadakan pawai Ogoh-Ogoh tersebut. Keputusan ini tentunya menuai pro dan kontra bagi masyarakat Bali, dengan alasan TRADISI.

Kalo ditanya, aku pro ato kontra, aku sih jelas-jelas pro banget dengan keputusan ini. Orang-orang yang kontra dengan alasan "hidup mati ditangan Tuhan", "tradisi harus jalan", "takut kok sama corona, takut tuh sama Tuhan", dan lain-lain, orang-orang kayak gitu bisa dibilang GAK ADA OTAGH, entah dimana otaknya ketinggalan. Tuhan menciptakan manusia beserta akal budi dan pikirannya, punya otak tapi gak di pake, malah ditinggal entah dimana.


Ternyata istilah "kadrun" gak cuma untuk tetangga sebelah aja wkwk, ternyata di Bali ada kadrunnya juga. Tradisi memang penting bosq, tapi dengan keadaan sekarang, menjalani tradisi yang melibatkan orang banyak sepertinya bisa di pending untuk sementara waktu, dan bukan selamanya ya. "nak bali sing takut Covid-sembilan belas", gak takut your ass, cang sih takut. Kalo cuman kamu aja yang kena Corona gapapa bosq, masalahnya nanti kalo kamu kena trus kamu balik ke rumah keluargamu juga kena lengeh, blm lagi kamu gak nyadar kamu kejangkit virusnya, misi melali keme mai, pragat be nak len kene damprat virusne, bahkan kalo misalnya kamu (jikping) mati, yang mandiin ama yang ngebanenin kamu bisa aja kena nanti lengeeehh. Ditambah lagi nanti kalo masuk rumah sakit maunya paling pertama dah dirawat, protes sama pihak rumah sakit ujung-ujungnya. Semoga di Bali cuman segelentir aja yang mikirnya kayak doi.

Jadi sementara pake "vaksin sosial", usahakan #diemdirumahaja dulu, kalo keluar pas lagi perlu aja, kalopun keluar hindari stay lama di kerumunan orang banyak.

Semoga cepat berlalu








1 comment: